Daftar Menu


video pembelajaran

Minggu, 26 Februari 2023

Penggunaan event, form, dan button pada borland delphi 7

 Untuk membuat sebuah program aplikasi dengan Delphi 7, yang harus Anda lakukan adalah membuat sebuah project, menambah form kedalam project, meletakkan atau menambahkan komponen-komponen pada form, menulis kode program pada code editor, dan mengeksekusi atau menjalankan program tersebut untuk melihat hasilnya. Untuk membuat sebuah program aplikasi, perlu menambahkan komponen kedalam form. Jenis dan jumlah komponen yang ditambahkan disesuaikan dengan kebutuhan, atau dengan kata lain tergantung dari kebutuhan program aplikasi yang dibuat. Jenis komponen yang ditambahkan dapat dipilih dari salah satu page control Standard, Additional, Win32, System, atau yang lainnya sesuai kebutuhan. Pada umumnya setiap program aplikasi yang dibuat memerlukan komponen Label, Edit, dan Button dari page control Standard.

1. Komponen pada Form

Untuk lebih jelasnya, buatlah sebuah program aplikasi. Tampilan di layar misalnya seperti gambar 2.1 berikut:

Gambar 2.1 Tampilan Layar dalam Borland Delphi 7

Berdasarkan rancangan tampilan di atas, maka dibutuhkan tiga komponen Label dan dua komponen Button. Setelah komponen ditambahkan sesuai kebutuhan, maka langkah selanjutnya dilakukan merubah atau mengganti nilai properti dari komponen tersebut. Untuk merubah nilai properti komponen dapat dilakukan secara langsung setelah satu komponen ditambahkan atau setelah semua komponen ditambahkan. Biasanya tidak semua properti komponen dirubah nilainya, tetapi hanya beberapa saja.

Ubahlah properti setiap komponen yang ada seperti pada tabel 2.1 berikut:

Tabel 2.1 Komponen dalam Form

Komponen

Properti

Value

Form1

Caption

Contoh Event Handling

Height

101

Name

Frmkasus1

Width

234

Label1

Caption

(kosongkan)

Name

Lblstatus

Button1

Caption

Tombol I

Name

Button1

Button2

Caption

Tombol II

Name

Button2

2. Menulis Kode Program

Kode program adalah sederetan pernyataan-pernyataan atau instruksi-instruksi untuk mengerjakan sesuatu, dan ditulis dalam code editor atau unit, tepatnya pada bagian event procedure. Kode program ini akan dikerjakan bila terjadi suatu event terhadap komponen. Misal bila di-klik Button1 maka dikerjakan kode program event procedure Button1Click seperti pada gambar 2.2.

Gambar 2.2 Tampilan Form


Untuk membuka event procedure program diatas ini lakukan langkah-langkah sebagai berikut:

a)   Aktifkan komponen Button1

b)   Klik tab events pada jendela Object Inspector (gambar 2.3) 

Gambar 2.3 Tampilan Object Inspector

c) Klik event OnClick, lalu double klik pada kolom kosong sebelah kanan. Kemudian tambahkan kode berikut ini

procedure TForm1.Button1Click (Sender: TObject);

begin

Lblstatus.Caption := 'Anda menekan tombol pertama';

Frmkasus1.Color := clred;

end;

d) Pada button 2 dan button 3 tambahkan kode berikut. Cara menambahkan sama dengan button

procedure TForm1.Button2Click (Sender: TObject);

begin

Lblstatus.Caption := 'Anda menekan tombol kedua';

Frmkasus1.Color := clgreen;

end;

procedure TForm1.Button3Click (Sender: TObject);

begin

Application.Terminate;

end;

e) Klik Run, hasil dari program ditampilkan pada gambar 2.4 berikut:


Rangkuman

Membuat Program aplikasi dengan Delphi 7 dilakukan dengan membuat sebuah project, menambah form kedalam project, meletakkan atau menambahkan komponen-komponen pada form, menulis kode program pada code editor, dan mengeksekusi atau menjalankan program tersebut untuk melihat hasilnya. Untuk membuat sebuah program aplikasi, perlu menambahkan komponen kedalam form. Jenis dan jumlah komponen yang ditambahkan disesuaikan dengan kebutuhan, atau dengan kata lain tergantung dari kebutuhan program aplikasi yang dibuat. Jenis komponen yang ditambahkan dapat dipilih dari salah satu page control Standard, Additional, Win32, System, atau yang lainnya sesuai kebutuhan. Pada umumnya setiap program aplikasi yang dibuat memerlukan komponen Label, Edit, dan Button dari page control Standard.


Tugas

Buatlah program yang dapat menampilkan tulisan bergerak, tulisan berkedip, memperbesar dan memperkecil font, dan mengubah warna pada font.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Meninggalkan Pesan