Daftar Menu


video pembelajaran

Jumat, 24 Februari 2023

Mengenal Borland Delphi 7 (free download Borland Delphi 7 )

 A. Apa itu Borland Delphi 7

Platform Borland Delphi 7 merupakan salah satu perangkat lunak atau program pengembangan aplikasi berbasis object Pascal produksi dari Borland. Sebagai salah satu bahasa pemrograman Delphi 7 mempunyai keunggulan dari segi produktifitas, yaitu:

1.    Kualitas dari lingkungan pengembangan visual

2.    Kecepatan dari compiler dibandingkan dengan kompleksitasnya

3.    Kekuatan dari bahasa pemrograman dibandingkan dengan kompleksitasnya

4.    Fleksibilitas dari arsitektur basis data

5.    Pola disain dan pemakaian yang diwujudkan oleh framework-nya

1.      Memulai bekerja dengan Borland Delphi 7

Untuk memulai atau menjalankan program aplikasi Delphi 7 langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

a.       Klik tombol STAR yang terletak pada bagian Taskbar.

b.      Pilih Borland Delphi 7, kemudian klik Delphi 7

c.   Sesaat kemudian akan muncul tampilan lingkungan kerja Delphi 7 seperti gambar 1.1.


2.      Mengenal IDE Delphi 7

IDE (Integrated Development Environment), atau juga disebut sebagai Integrated Design/Debugging Environment, adalah perangkat lunak komputer yang berfungsi untuk membantu pemrogram dalam mengembangkan perangkat lunak. Singkatnya, IDE merupakan suatu lingkungan pengembangan aplikasi yang terintegrasi; lengkap dengan beragam tools atau utilitas pendukung. IDE Delphi 7 terbagi menjadi delapan bagian utama, yaitu:

a.    Main Windows

Main Window atau jendela utama sesuai pada gambar 2.1 merupakan bagian dari IDE yang mempunyai fungsi yang sama dengan semua fungsi utama dari program aplikasi Windows lainnya



b.    Toolbar (Speedbar)

Delphi 7 memiliki beberapa toolbar sesuai pada gambar 1.3 yang masing-masing memiliki perbedaan fungsi dan setiap tombol pada bagian toolbar berfungsi sebagai pengganti suatu menu perintah yang sering digunakan. Pada kondisi default Delphi 7 memiliki tujuh bagian toolbar, antara lain: Standard, View, Debug, Custom, Componen Palette, Desktops dan Internet.

Tombol-tombol yang terletak pada bagian toolbar dapat ditambah atau dikurangi sesuai kebutuhan.

c. Component Pallette

Component Palette pada gambar 1.4 berisi kumpulan icon yang melambangkan komponen-komponen yang terdapat pada VCL (Visual Component Library). Pada Component Palette Anda akan menemukan beberapa page control seperti Standard, Additional, Win32, System, Data Access dan lain-lain. Icon component terdapat di setiap page control. Page control ini dipakai untuk memilih icon component.

d.  Form Designer

Form merupakan suatu objek yang dapat dipakai sebagai tempat untuk merancang dialog program aplikasi. Form berbentuk sebuah meja kerja yang dapat diisi dengan komponen-komponen yang diambil dari Component Palette. Pada saat Anda memulai Delphi 7, Delphi 7 akan memberikan sebuah form kosong yang disebut Form1, seperti gambar diatas ini.

Sebuah form mengandung unit yang berfungsi untuk mengendalikan form dan Anda dapat mengendalikan komponen-komponen yang terletak dalam form dengan menggunakan Object Inspector dan Code Editor.

e. Object Inspector

Object Inspector terdiri dari dua tab, yaitu Properties dan Events seperti gambar 1.6 berikut.



f.   Object Tree View

Object TreeView pada gambar 1.7 menampilkan diagram pohon dari komponen-komponen yang bersifat visual maupun nonvisual yang telah terdapat dalam form, data module, atau frame. Object TreeView juga menampilkan hubungan logika antar komponen. Apabila Anda mengklik kanan salah satu item yang terdapat di dalam diagram pohon, Anda dapat melihat konteks menu komponen versi sebelumnya. Untuk mengakses menu secara penuh, klik kanan pada komponen yang sama dalam form, data module, atau frame.

g. Code Editor


Code Editor pada gambar 1.8 merupakan tempat di mana Anda dapat menuliskan kode program. Pada bagian ini Anda dapat menuliskan pernyataan-pernyataan dalam Object Pascal. 

h. Code Explorer
Code Explorer merupakan fasilitas baru yang terdapat di dalam Delphi 7 yang tidak ditemukan pada versi-versi sebelumnya. Code Explorer digunakan untuk memudahkan pemakai berpindah antar file unit yang terdapat di dalam jendela Code Editor

 


Rangkuman

Program Borland Delphi memiliki keunggulan diantaranya kualitas dari lingkungan pengembangan visual; kecepatan dari compiler dibandingkan dengan kompleksitasnya; kekuatan dari bahasa pemrograman dibandingkan dengan kompleksitasnya; fleksibilitas dari arsitektur basis data; pola desain dan pemakaian yang diwujudkan oleh framework-nya.

IDE (Integrated Development Environment) merupakan perangkat lunak komputer yang berfungsi untuk membantu pemrogram dalam mengembangkan perangkat lunak. IDE Delphi 7 memiliki delapan bagian utama diantaranya Main Windows, Toolbar (Speedbar), Component Pallette, Form Designer, Object Inspector, Object Tree View, Code Editor, dan Code Explorer.



Anda ingin mendownload master borland delphi 7 gratiss! klik disini

Video Pembelajaran  :

1. Dasar pembuatan program
2. Membuat text berjalan



3. Membuat text berkedip



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Meninggalkan Pesan