MODUL IV
ANIMASI
Mahasiswa dapat menjalankan fungsi-fungsi Maple
untuk menyelesaikan masalah animasi
|
Tujuan Khusus Praktikum
|
Bentuk-bentuk
fungsi yang telah dipelajari sampai saat ini dinyatakan dalam satu variabel
secara eksplisit dalam bentuk
. Namun beberapa fungsi didefinisikan secara implisit
oleh suatu kaitan antara x dan y. Sebagai contoh adalah fungsi
berbentuk
atau
. Dalam beberapa kasus dimungkinkan fungsi-fungsi
implisit tersebut dapat dipecah menjadi sebuah atau beberapa fungsi eksplisit.
Misalnya fungsi implisit berbentuk
dapat dipecah
menjadi 2 buah fungsi eksplisit dalam x,
yaitu y=
dan y=
.
Apabila grafik
fungsi implisit
digambar
grafiknya, maka akan diperoleh grafik berbentuk lingkaran, karena setengah
lingkaran atas berasal dari grafik y =
dan setengah yang bawah berasal dari y =
.
Grafik fungsi implisit sebenarnya dapat dibuat dengan perintah plot. Akan
tetapi harus terlebih dahulu diuraikan dan dinyatakan dalam fungsi eksplisit
dalam x, seperti halnya fungsi yang
menghasilkan lingkaran di atas. Tentu saja hal ini akan membutuhkan banyak
waktu. Untuk memudahkan hal tersebut, Maple menyediakan function khusus untuk
menggambar grafik fungsi-fungsi implisit. Sintaksnya adalah
> with(plots):
> implicitplot(fungsi,x=a..b,y=m..n);
Perintah
implicitplot menggunakan paket plots. Nilai-nilai a, b, m, dan n merupakan
batas-batas untuk nilai x dan y untuk fungsi yang akan digambar.
B.
Animasi Dasar
Grafik fungsi 2 dimensi dalam Maple juga dapat dibuat dalam bentuk
animasi. Efek animasi yang muncul memvisualisasikan proses membuat grafik titik
demi titik yang dihubungkan. Perintah untuk membuat efek animasi dari suatu
grafik fungsi 2 dimensi adalah:
> with(plots):
> animatecurve(F, domain, option);
dengan F adalah fungsi yang
akan dibuat grafik animasinya, domain adalah batas nilai untuk domainnya, dan
option adalah properti dari grafik yang macamnya sama dengan option pada
perintah plot.
Sebagai contoh, akan dibuat grafik fungsi
pada xÎ[0,2p] dengan efek animasi. Perintahnya adalah:
> with(plots):
> animatecurve(sin(x),x=0..2*Pi);
Setelah perintah di atas diberikan, Maple tidak langsung menampilkan efek
animasi pada grafik. Untuk menjalankan efek animasinya klik kanan pada grafik,
selanjutnya pilih menu animation, dan terakhir pilih play.
Kecepatan efek animasi dapat diatur dengan memberikan option frames = n.
Perintah tersebut menunjukkan banyak frame yang akan dibuat. Secara default,
nilai n pada adalah 16. Semakin besar nilai n, maka semakin lambat kecepatan
efek animasinya. Sebagai gambaran, apabila ditambahkan perintah option frames
dengan n = 100 pada grafik sinus di atas maka perintahnya menjadi
> animatecurve(sin(x),x=0..2*Pi, frames = 100);
Apabila efek animasi grafik dari hasil perintah terakhir tersebut
dijalankan, maka akan akan tampak kecepatan animasi yang sedikit lebih lambat
dari grafik sebelumnya.
Dengan paket plots kita dapat membuat
beberapa macam animasi untuk
grafik- grafik
fungsi matematika baik untuk satu variabel maupun dua variabel. Berikut diberikan contohnya.
Contoh 4.1
>
with(plots):
> animate(t*sin(x), x=0..4*Pi,
t=1..4);
Animasi dapat dijalankan dengan mengklik kiri pada gambar, lalu tekan tombol- tombol player
pada meneu di atas worksheet.
Contoh 4.2
>
with(plots):
>animate([r*cos(theta),r*sin(theta),theta=0..2*Pi],r=1..4, scaling=constrained);
Contoh
4.3
> with(plots):
>
animate(1+a*cos(theta),theta=0..2*Pi,a=-2..2, coords=polar);
Contoh
4.5
>
animatecurve(sin(2*x), x = -2*Pi .. 2*Pi, color = blue)
Contoh
4.6
> animate3d(sin(x-t)*cos(y-t), x = 0 ..
2*Pi, y = 0 .. 2*Pi, t = 0 .. Pi)
Dari contoh
diatas apa yang anda dapat simpulkan?
C.
Penyelesaian sistem pertidaksamaan
linear dengan grafik
Untuk
menyelesaikan pertidaksamaan linear kita dapat menggunakan fasilitas dalam
maple dengan perintah :
>
inequal([Pertidaksamaan], x=a..b,y=a..b, option1, option2,…)
Inequal
merupakan perintah untuk menampilkan daerah yang memenuhi suatu pertidaksamaan,
misalnya : daerah yang memenuhi pertidaksamaan 3
,
,
,
.
Penyelesaian
dengan menggunakan maple, sebagai berikut :
>
>
Penggunaan
garis selidik pada progam linear juga dapat kita terapkan dengan menambah
animasi perpindahan sebuah garis lurus, misal fungsi obyektif dari
pertidaksamaan diatas adalah f(x,y)=100x+200y.
animasi fungsi obyektif didapat dengan perintah.
>
>
Dimana f(x,y)=100x+200y è 100x+200y=k
è
D.
Penggunaan component
Dalam maple selain menggunakan
prompt, kita bisa menggunakan halaman pada maple untuk membuat visual yang
lebih dinamis. visual tersebut diharapkan dapat memberi daya tarik untuk membantu
proses pembelajaran matematika di kelas. Adapun komponen tersebut sebagai
berikut :
Komponen
|
Fungsi
|
Button
|
Menambahkan tombol
|
Toggel Button
|
Tombol on/off
|
Combo Box
|
Kotak berisi pilihan.
|
Radio Button
|
Pilihan berupa lingkaran
|
Text Area
|
Menambahkan text atau input
|
Label
|
Menambah keterangan
|
List Box
|
Daftar Pilihan yang tertampil semua
|
Slider
|
Pilihan berupa slider
|
Plot
|
Tempat meletakkan grafik
|
Mathematical Expression
|
Tempat meletakkan ekpresi matematika
|
Contoh 4.7.
Membuat tampilan untuk animasi
kurva beberapa fungsi dengan menggunakan text box, button dan plot.Langkah-langkah
yang diperlukan sebagai berikut :
1.
a.
|
b.
|
c
|
d
|
2.
Ubah pengaturan
komponen (dengan klik kanan) Component Property.
a.
Name : M0 (“Nama
untuk perintah pemanggil”)
Width in pixels : 200 (“Lebar tempat”)
Height in pixels : 20 (“Tinggi tempat”)
Option : visible
(diaktifkan), draw border (Tampilan kotak) tidak diaktifkan, auto fit (Ukuran
menyesuaikan) di aktifkan
b.
Ubah name : T0
c.
Ubah caption :
Proses (“Tampilan Button”)
Edit action : dengan menambah perintah
Do(with(plots));
Do(%Plot0=animatecurve('%T0',x=0..5));
Do(%M0=%T0);
Latihan 4.
- Tentukan daerah penyelesaian dari SPL berikut ini dengan menggunakan grafik
Dari pertidak samaan
tersebut, tentukan nilai maksimum untuk fungsi obyektif y(x,y)=x+3y
- Buatlah aplikasi untuk menampilkan animasi fungsi pada [-6,6] dan penyelesaian untuk f(x) = 1. Gunakan aplikasi tersebut untuk menyelesaikan .
- Diketahui dan untuk [-10,10]. Buatlah animasi kedua persamaan tersebut dan tentukan perpotongan kedua kurva tersebut serta tentukan titik maksimum/minimum dari grafik tersebut!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silahkan Meninggalkan Pesan