Strategi Pengembangan Pendidikan
Rasional Pengembangan Kurikulum
Kerangka Kerja Pengembangan Kurikulum
Elemen Perubahan Kurikulum
Standar Kompetensi Lulusan
Struktur Kurikulum
Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
Faktor Pendukung Keberhasilan Implementasi Kurikulum
Strategi Implementasi
Permasalahan Kurikulum 2006
- Konten kurikulum masih terlalu padat yang ditunjukkan dengan banyaknya matapelajaran dan
banyak materi yang keluasan dan tingkat kesukarannya melampaui tingkat perkembangan usia
anak. - Kurikulum belum sepenuhnya berbasis kompetensi sesuai dengan tuntutan fungsi dan tujuan
pendidikan nasional. - Kompetensi belum menggambarkan secara holistik domain sikap, keterampilan, dan
pengetahuan. - Beberapa kompetensi yang dibutuhkan sesuai dengan perkembangan kebutuhan (misalnya
pendidikan karakter, metodologi pembelajaran aktif, keseimbangan soft skills dan hard
skills, kewirausahaan) belum terakomodasi di dalam kurikulum. - Kurikulum belum peka dan tanggap terhadap perubahan sosial yang terjadi pada tingkat
lokal, nasional, maupun global. - Standar proses pembelajaran belum menggambarkan urutan pembelajaran yang rinci sehingga
membuka peluang penafsiran yang beraneka ragam dan berujung pada pembelajaran yang
berpusat pada guru. - Standar penilaian belum mengarahkan pada penilaian berbasis kompetensi (proses dan hasil)
dan belum secara tegas menuntut adanya remediasi secara berkala - Dengan KTSP memerlukan dokumen kurikulum yang lebih rinci agar tidak menimbulkan multi
tafsir.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silahkan Meninggalkan Pesan