Daftar Menu


video pembelajaran

Jumat, 31 Mei 2013

Sistematika Kurikulum 2013 / perubahan kurikulum tahun 2013 untuk (SD, SMP, SMA, SMK)

Sistematika

Strategi Pengembangan Pendidikan

Rasional Pengembangan Kurikulum

Kerangka Kerja Pengembangan Kurikulum

Elemen Perubahan Kurikulum

Standar Kompetensi Lulusan

Struktur Kurikulum

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar

Faktor Pendukung Keberhasilan Implementasi Kurikulum

Strategi Implementasi

Permasalahan Kurikulum 2006

  1. Konten kurikulum masih terlalu padat yang ditunjukkan dengan banyaknya matapelajaran dan
    banyak materi yang keluasan dan tingkat kesukarannya melampaui tingkat perkembangan usia
    anak. 
  2. Kurikulum belum sepenuhnya berbasis kompetensi sesuai dengan tuntutan fungsi dan tujuan
    pendidikan nasional.
  3. Kompetensi belum menggambarkan secara holistik domain sikap, keterampilan, dan
    pengetahuan.
  4. Beberapa kompetensi yang dibutuhkan sesuai dengan perkembangan kebutuhan (misalnya
    pendidikan karakter, metodologi pembelajaran aktif, keseimbangan soft skills dan hard
    skills, kewirausahaan) belum terakomodasi di dalam kurikulum.
  5. Kurikulum belum peka dan tanggap terhadap perubahan sosial yang terjadi pada tingkat
    lokal, nasional, maupun global.
  6. Standar proses pembelajaran belum menggambarkan urutan pembelajaran yang rinci sehingga
    membuka peluang penafsiran yang beraneka ragam dan berujung pada pembelajaran yang
    berpusat pada guru.
  7. Standar penilaian belum mengarahkan pada penilaian berbasis kompetensi (proses dan hasil)
    dan belum secara tegas menuntut adanya remediasi secara berkala
  8. Dengan KTSP memerlukan dokumen kurikulum yang lebih rinci agar tidak menimbulkan multi
    tafsir.
selanjutnya lihat di sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Meninggalkan Pesan