RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : ………………
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : VII / 1
Waktu
: 16 x
40 menit (8 kali pertemuan)
A. STANDAR KOMPETENSI:
Aljabar
2. Memahami sistem persamaan linear dua variabel
dan menggunakannya dalam pemecahan masalah.
B.
KOMPETENSI
DASAR
2. 1. Menyelesaikan sistem persamaan linear dua variabel.
C.
INDIKATOR
1.
Menyebutkan
perbedaan PLDV dan SPLDV
2. Mengenal SPLDV dalam berbagai bentuk dan
variabel
3. Menentukan akar SPLDV dengan metode
grafik.
4. Menentukan akar SPLDV dengan metode
Subtitusi dan Eliminasi.
5. Menentukan akar SPLDV dengan metode Subtitusi
- Eliminasi (Gabungan).
6. Membuat model matematika dari masalah
sehari-hari yang berkaitan dengan SPLDV
D.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Tujuan Kognitif: Setelah
selesai mengikuti kegiatan pembelajaran diharapkan siswa dapat:
Pertemuan
1:
a.
Menyebutkan
perbedaan PLDV dan SPLDV
b.
Mengenal SPLDV dalam berbagai bentuk dan variabel
Pertemuan
2:
Menentukan
akar SPLDV dengan metode grafik
Pertemuan
3:
Menentukan akar
SPLDV dengan metode Subtitusi
Pertemuan
4:
Menentukan akar
SPLDV dengan metode Subtitusi Eliminasi
Pertemuan 5:
Menentukan akar
SPLDV dengan metode Subtitusi - Eliminasi (Gabungan)
Pertemuan 6:
Membuat model matematika dari masalah sehari-hari
yang berkaitan dengan SPLDV
Pertemuan
7:
Memecahkan model matematika dari masalah
sehari-hari yang berkaitan dengan SPLDV.
Pertemuan
8:
Mengerjakan soal ulangan
harian terkait dengan KD 2.1
Catatan:
(bersifat opsional)
Kemampuan prasyarat yang seharusnya sudah dikuasai siswa
sebelum belajar kompetensi dasar ini adalah:
1. Siswa
dapat memecahkan permasalahan persamaan linear satu variabel
2. Siswa
dapat melakukan operasi hitung aljabar
3. Siswa
dapat memecahkan permasalahan pada persamaan garis lurus
2. Tujuan
Afektif : Setelah mengikuti
kegiatan pembelajaran diharapkan siswa mempunyai karakter:
a.
Dapat
dipercaya, diantaranya siswa jujur, mampu mengikuti komitmen, mencoba melakukan
tugas yang diberikan, menjadi teman yang baik, dan membantu orang lain.
b.
Bertanggung
jawab secara individu, diantaranya siswa menlaksanakan apa yang ditugaskan oleh
guru, dapat diandalkan, tidak memberikan alasan yang irasional, atau
menyalahkan orang lain atas perbuatannya, aktif dalam memberikan pertanyaan
(respon).
c.
Bertanggung
jawab secara sosial, diantaranya siswa mengerjakan tugas kelompok untuk
kepentingan bersama, secara suka rela membantu teman/guru, dapat menjadi
pendengar yang baik serta bekerja sama dalam menyelesaikan tugas kelompok.
d.
Adil,
diantaranya siswa tidak pernah curang, menyontek hasil kerja siswa/kelompok
lain, bermain/berbuat berdasarkan aturan.
3. Tujuan
Psikomotor : Dalam mengikuti
kegiatan pembelajaran diharapkan siswa mempunyai keterampilan
memecahkan
masalah dalam kehidupan sehari-hari dengan
menggunakan konsep SPLDV
E. MATERI PEMBELAJARAN
Sistem Persamaan Linear Dua Variabel.
F. MEDIA PEMBELAJARAN
Macromedia
flash
G. MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
Ceramah,
tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas.
H. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuanke-1 (2 jam pelajaran)
1.
Kegiatan
Pendahuluan
a.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
yang diharapkan akan dicapai oleh tiap siswa
b.
Guru menginformasikan proses
pembelajaran yang akan dilakukan dengan menggunakan media «media»
c.
Apersepsi: Guru mengecek kemampuan
prasyarat siswa dengan tanya jawab
tentang sistem persamaan satu variabel
2. Kegiatan inti
a. Guru
menyampaikan dengan singkat tentang pokok-pokok dan apa saja yang dipelajari,
meliputi :
1)
Mengingat
persamaan linear satu variabel (PLSV).
2)
Mengenal
persamaan linear dua variabel (PLDV)
3)
Mengenal
sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV).
4)
Menentukan
penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV)
b.
Guru membagi siswa dalam kelompok
heterogen yang terdiri 4 siswa dan
setiap anggota kelompok diberi nomor 1 sampai 4
c.
Guru membagikan LKS NHT 1. Dengan tekun
siswa mencermati LKS NHT 1, yang telah diterimanya dan mempelajari buku/ sumber
informasi yang mendukung
d.
Guru memberikan penjelasan singkat tentang
cara mengerjakan LKS NHT 1, siswa memperhatikan dengan tekun dan secara aktif
serta kreatif menanyakan informasi yang kurang jelas
e.
Guru mempersilahkan siswa untuk
mengerjakan LKS NHT 1 . sesuai dengan petunjuk, guru memberikan motivasi dan bimbingan
sepenuhnya, siswa mendiskusikan dengan kelompoknya dan saling menjelaskan
jawaban yang dikerjakan pada teman dalam satu kelompok
f.
Guru memanggil salah satu nomor dari
suatu kelompok, siswa yang dipanggil nomornya mengerjakan di papan tulis dan
menjelaskannya
g.
Guru memberi kesempatan kelompok
lain berpendapat, siswa yang berbeda
pendapat menyampaikan pendapatnya.
h.
Guru memanggil nomor lain dari kelompok
yang lain berpendapat, siswa yang dipanggil nomornya mengerjakan di papan tulis
dan menjelaskannya
i.
Siswa mengerjakan latihan soal secara
individu, dan setelah selesai mengerjakan, pekerjaan tersebut didiskusikan pada
kelompoknya untuk diberi saran atau masukan
3. Kegiatan Penutup:
a.
Guru mengarahkan siswa untuk
menyimpulkan hasil kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung.
b.
Siswa wakil salah satu kelompok yang
ditunjuk secara acak mengomunikasikan pengalamannya dalam bekerja di kelompok
c.
Guru memberi tugas kepada siswa/PR
Pertemuan ke-2 ( 2 jam pelajaran)
1.
Kegiatan
Pendahuluan
a.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
yang diharapkan akan dicapai oleh tiap siswa
b.
Guru menginformasikan proses
pembelajaran yang akan dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT)
c.
Siswa dan guru membahas penyelesaian
materi pekerjaan rumah yang dianggap sulit oleh sebagian besar siswa.
d.
Apersepsi: Guru mengecek kemampuan
prasyarat siswa secara lisan dengan tanya jawab ( materi terlampir)
e.
Guru mengingatkan pengelompokan siswa
seperti pada pertemuan yang lalu.
2. Kegiatan inti
a. Guru
menyampaikan dengan singkat tentang pokok-pokok dan apa saja yang dipelajari
pada materi menentukan KPK dan FPB bentuk aljabar suku tunggal serta bagaimana
menyelesaikan operasi hitung perkalian bentuk aljabar.
b.
Guru membagikan LKS NHT 2. Dengan tekun
siswa mencermati LKS NHT 2, yang telah diterimanya dan mempelajari buku/ sumber
informasi yang mendukung
c.
Guru memberikan penjelasan singkat
tentang cara mengerjakan LKS NHT 2, siswa memperhatikan dengan tekun dan secara
aktif serta kreatif menanyakan informasi yang kurang jelas
d.
Guru mempersilahkan siswa untuk
mengerjakan LKS NHT 2 . sesuai dengan petunjuk, guru memberikan bimbingan
sepenuhnya, siswa bekerja sama, saling menghormati pendapat teman dan berpikir
logis dalam berdiskusi membahas LKS NHT
2
e.
Guru mempersilahkan siswa untuk
mengerjakan LKS NHT 2 . sesuai dengan petunjuk, guru memberikan motivasi dan
bimbingan sepenuhnya, siswa mendiskusikan dengan kelompoknya dan saling
menjelaskan jawaban yang dikerjakan pada teman dalam satu kelompok.
f.
Guru memanggil salah satu nomor dari
suatu kelompok, siswa yang dipanggil nomornya mengerjakan di papan tulis dan
menjelaskannya
g.
Guru memberi kesempatan kelompok
lain berpendapat, siswa yang berbeda
pendapat menyampaikan pendapatnya.
h.
Guru memanggil nomor lain dari kelompok
yang lain berpendapat, siswa yang dipanggil nomornya mengerjakan di papan tulis
dan menjelaskannya
i.
Siswa mengerjakan latihan soal secara
individu, dan setelah selesai mengerjakan, pekerjaan tersebut didiskusikan pada
kelompoknya untuk diberi saran atau masukan
3. Kegiatan Penutup:
a.
Guru mengarahkan siswa untuk
menyimpulkan hasil kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung.
b.
Guru mengadakan tes (kuiz), siswa
mengerjakan soal
c.
Siswa wakil salah satu kelompok yang
ditunjuk secara acak mengomunikasikan pengalamannya dalam bekerja di kelompok
d.
Guru memberi tugas kepada siswa/PR
Pertemuan
ke-3
( 2 jam pelajaran)
1.
Kegiatan
Pendahuluan
a.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
yang diharapkan akan dicapai oleh tiap siswa
b.
Guru menginformasikan proses
pembelajaran yang akan dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT)
c.
Siswa dan guru membahas penyelesaian
materi pekerjaan rumah yang dianggap sulit oleh sebagian besar siswa.
d.
Apersepsi: Guru mengecek kemampuan
prasyarat siswa secara lisan dengan tanya jawab ( materi terlampir)
e.
Guru mengingatkan pengelompokan siswa
seperti pada pertemuan yang lalu.
2. Kegiatan inti
a.
Guru menyampaikan dengan singkat tentang
pokok-pokok dan apa saja yang dipelajari pada materi penjumlahan dan
pengurangan bentuk aljabar.
b.
Guru membagi siswa dalam kelompok
heterogen yang terdiri 4 siswa dan
setiap anggota kelompok diberi nomor 1 sampai 4
c.
Guru membagikan LKS NHT 3. Dengan tekun
siswa mencermati LKS NHT 3, yang telah diterimanya dan mempelajari buku/ sumber
informasi yang mendukung
d.
Guru memberikan penjelasan singkat tentang
cara mengerjakan LKS NHT 3, siswa memperhatikan dengan tekun dan secara aktif
serta kreatif menanyakan informasi yang kurang jelas
e.
Guru mempersilahkan siswa untuk
mengerjakan LKS NHT 3 . sesuai dengan petunjuk, guru memberikan motivasi dan
bimbingan sepenuhnya, siswa mendiskusikan dengan kelompoknya dan saling
menjelaskan jawaban yang dikerjakan pada teman dalam satu kelompok.
f.
Guru memanggil salah satu nomor dari
suatu kelompok, siswa yang dipanggil nomornya mengerjakan di papan tulis dan
menjelaskannya
g.
Guru memberi kesempatan kelompok
lain berpendapat, siswa yang berbeda
pendapat menyampaikan pendapatnya.
h.
Guru memanggil nomor lain dari kelompok
yang lain berpendapat, siswa yang dipanggil nomornya mengerjakan di papan tulis
dan menjelaskannya
i.
Siswa mengerjakan latihan soal secara
individu, dan setelah selesai mengerjakan, pekerjaan tersebut didiskusikan pada
kelompoknya untuk diberi saran atau masukan
3. Kegiatan Penutup:
a.
Guru mengarahkan siswa untuk
menyimpulkan hasil kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung.
b.
Siswa wakil salah satu kelompok yang
ditunjuk secara acak mengomunikasikan pengalamannya dalam bekerja di kelompok
c.
Guru memberi tugas kepada siswa/PR
Pertemuan ke-4 ( 2 jam pelajaran)
1.
Kegiatan
Pendahuluan
a.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
yang diharapkan akan dicapai oleh tiap siswa
b.
Guru menginformasikan proses
pembelajaran yang akan dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT)
c.
Siswa dan guru membahas penyelesaian
materi pekerjaan rumah yang dianggap sulit oleh sebagian besar siswa.
d.
Apersepsi: Guru mengecek kemampuan
prasyarat siswa secara lisan dengan tanya jawab ( materi terlampir)
e.
Guru mengingatkan pengelompokan siswa
seperti pada pertemuan yang lalu.
2. Kegiatan inti
a.
Guru menyampaikan dengan singkat tentang
pokok-pokok dan apa saja yang dipelajari pada materi penjumlahan dan
pengurangan bentuk aljabar.
b.
Guru membagi siswa dalam kelompok
heterogen yang terdiri 4 siswa dan
setiap anggota kelompok diberi nomor 1 sampai 4
c.
Guru membagikan LKS NHT 4. Dengan tekun
siswa mencermati LKS NHT 4, yang telah
diterimanya dan mempelajari buku/ sumber informasi yang mendukung
d.
Guru memberikan penjelasan singkat
tentang cara mengerjakan LKS NHT 4, siswa memperhatikan dengan tekun dan secara
aktif serta kreatif menanyakan informasi yang kurang jelas
e.
Guru mempersilahkan siswa untuk
mengerjakan LKS NHT 4 . sesuai dengan petunjuk, guru memberikan motivasi dan
bimbingan sepenuhnya, siswa mendiskusikan dengan kelompoknya dan saling
menjelaskan jawaban yang dikerjakan pada teman dalam satu kelompok.
f.
Guru memanggil salah satu nomor dari
suatu kelompok, siswa yang dipanggil nomornya mengerjakan di papan tulis dan
menjelaskannya
g.
Guru memberi kesempatan kelompok
lain berpendapat, siswa yang berbeda
pendapat menyampaikan pendapatnya.
h.
Guru memanggil nomor lain dari kelompok
yang lain berpendapat, siswa yang dipanggil nomornya mengerjakan di papan tulis
dan menjelaskannya
i.
Siswa mengerjakan latihan soal secara
individu, dan setelah selesai mengerjakan, pekerjaan tersebut didiskusikan pada
kelompoknya untuk diberi saran atau masukan
3. Kegiatan Penutup:
a.
Guru mengarahkan siswa untuk
menyimpulkan hasil kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung.
b.
Guru mengadakan tes (kuiz), siswa
mengerjakan soal
c.
Siswa wakil salah satu kelompok yang
ditunjuk secara acak mengomunikasikan pengalamannya dalam bekerja di kelompok
d.
Guru memberi tugas kepada siswa/PR
Pertemuan ke-5 ( 2 jam pelajaran)
1.
Kegiatan
Pendahuluan
a.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
yang diharapkan akan dicapai oleh tiap siswa.
b.
Guru menginformasikan proses
pembelajaran yang akan dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT)
c.
Siswa dan guru membahas penyelesaian
materi pekerjaan rumah yang dianggap sulit oleh sebagian besar siswa.
d.
Apersepsi: Guru mengecek kemampuan
prasyarat siswa secara lisan dengan tanya jawab ( materi terlampir)
e.
Guru mengingatkan pengelompokan siswa
seperti pada pertemuan yang lalu.
2. Kegiatan inti
a.
Guru menyampaikan dengan singkat tentang
pokok-pokok dan apa saja yang dipelajari pada materi penjumlahan dan
pengurangan bentuk aljabar.
b.
Guru membagi siswa dalam kelompok
heterogen yang terdiri 4 siswa dan
setiap anggota kelompok diberi nomor 1 sampai 4
c.
Guru membagikan LKS NHT 5. Dengan tekun
siswa mencermati LKS NHT 5, yang telah
diterimanya dan mempelajari buku/ sumber informasi yang mendukung
d.
Guru memberikan penjelasan singkat tentang
cara mengerjakan LKS NHT 5, siswa memperhatikan dengan tekun dan secara aktif
serta kreatif menanyakan informasi yang kurang jelas
e.
Guru mempersilahkan siswa untuk
mengerjakan LKS NHT 5 . sesuai dengan petunjuk, guru memberikan motivasi dan
bimbingan sepenuhnya, siswa mendiskusikan dengan kelompoknya dan saling
menjelaskan jawaban yang dikerjakan pada teman dalam satu kelompok.
f.
Guru memanggil salah satu nomor dari
suatu kelompok, siswa yang dipanggil nomornya mengerjakan di papan tulis dan
menjelaskannya
g.
Guru memberi kesempatan kelompok
lain berpendapat, siswa yang berbeda
pendapat menyampaikan pendapatnya.
h.
Guru memanggil nomor lain dari kelompok
yang lain berpendapat, siswa yang dipanggil nomornya mengerjakan di papan tulis
dan menjelaskannya
i.
Siswa mengerjakan latihan soal secara
individu, dan setelah selesai mengerjakan, pekerjaan tersebut didiskusikan pada
kelompoknya untuk diberi saran atau masukan
3. Kegiatan Penutup:
a.
Guru mengarahkan siswa untuk
menyimpulkan hasil kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung.
b.
Siswa wakil salah satu kelompok yang
ditunjuk secara acak mengomunikasikan pengalamannya dalam bekerja di kelompok
c.
Guru memberi tugas kepada siswa/PR
Pertemuan ke-6 ( 2 jam pelajaran)
1.
Kegiatan
Pendahuluan
a.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
yang diharapkan akan dicapai oleh tiap siswa
b.
Guru menginformasikan proses
pembelajaran yang akan dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT)
c.
Siswa dan guru membahas penyelesaian
materi pekerjaan rumah yang dianggap sulit oleh sebagian besar siswa.
d.
Apersepsi: Guru mengecek kemampuan
prasyarat siswa secara lisan dengan tanya jawab ( materi terlampir)
e.
Guru mengingatkan pengelompokan siswa
seperti pada pertemuan yang lalu.
2. Kegiatan inti
a.
Guru menyampaikan dengan singkat tentang
pokok-pokok dan apa saja yang dipelajari pada materi penjumlahan dan
pengurangan bentuk aljabar.
b.
Guru membagi siswa dalam kelompok
heterogen yang terdiri 4 siswa dan
setiap anggota kelompok diberi nomor 1 sampai 4
c.
Guru membagikan LKS NHT 6. Dengan tekun
siswa mencermati LKS NHT 6, yang telah
diterimanya dan mempelajari buku/ sumber informasi yang mendukung
d.
Guru memberikan penjelasan singkat
tentang cara mengerjakan LKS NHT 6, siswa memperhatikan dengan tekun dan secara
aktif serta kreatif menanyakan informasi yang kurang jelas
e.
Guru mempersilahkan siswa untuk
mengerjakan LKS NHT 6 . sesuai dengan petunjuk, guru memberikan motivasi dan
bimbingan sepenuhnya, siswa mendiskusikan dengan kelompoknya dan saling
menjelaskan jawaban yang dikerjakan pada teman dalam satu kelompok.
f.
Guru memanggil salah satu nomor dari
suatu kelompok, siswa yang dipanggil nomornya mengerjakan di papan tulis dan
menjelaskannya
g.
Guru memberi kesempatan kelompok
lain berpendapat, siswa yang berbeda
pendapat menyampaikan pendapatnya.
h.
Guru memanggil nomor lain dari kelompok
yang lain berpendapat, siswa yang dipanggil nomornya mengerjakan di papan tulis
dan menjelaskannya
i.
Siswa mengerjakan latihan soal secara
individu, dan setelah selesai mengerjakan, pekerjaan tersebut didiskusikan pada
kelompoknya untuk diberi saran atau masukan
3.
Kegiatan
Penutup:
a.
Guru mengarahkan siswa untuk
menyimpulkan hasil kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung.
b.
Siswa wakil salah satu kelompok yang
ditunjuk secara acak mengomunikasikan pengalamannya dalam bekerja di kelompok
c.
Guru memberi tugas kepada siswa/PR
Pertemuan ke-7 ( 2 jam pelajaran)
1.
Kegiatan
Pendahuluan
a.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
yang diharapkan akan dicapai oleh tiap siswa
b.
Guru menginformasikan proses
pembelajaran yang akan dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT)
c.
Siswa dan guru membahas penyelesaian
materi pekerjaan rumah yang dianggap sulit oleh sebagian besar siswa.
d.
Apersepsi: Guru mengecek kemampuan
prasyarat siswa secara lisan dengan tanya jawab ( materi terlampir)
e.
Guru mengingatkan pengelompokan siswa
seperti pada pertemuan yang lalu.
2. Kegiatan inti
a.
Guru menyampaikan dengan singkat tentang
pokok-pokok dan apa saja yang dipelajari pada materi penjumlahan dan
pengurangan bentuk aljabar.
b.
Guru membagi siswa dalam kelompok
heterogen yang terdiri 4 siswa dan setiap
anggota kelompok diberi nomor 1 sampai 4
c.
Guru membagikan LKS NHT 7. Dengan tekun
siswa mencermati LKS NHT 7, yang telah
diterimanya dan mempelajari buku/ sumber informasi yang mendukung
d.
Guru memberikan penjelasan singkat
tentang cara mengerjakan LKS NHT 7, siswa memperhatikan dengan tekun dan secara
aktif serta kreatif menanyakan informasi yang kurang jelas
e.
Guru mempersilahkan siswa untuk
mengerjakan LKS NHT 7 . sesuai dengan petunjuk, guru memberikan motivasi dan
bimbingan sepenuhnya, siswa mendiskusikan dengan kelompoknya dan saling
menjelaskan jawaban yang dikerjakan pada teman dalam satu kelompok.
f.
Guru memanggil salah satu nomor dari
suatu kelompok, siswa yang dipanggil nomornya mengerjakan di papan tulis dan
menjelaskannya
g.
Guru memberi kesempatan kelompok
lain berpendapat, siswa yang berbeda
pendapat menyampaikan pendapatnya.
h.
Guru memanggil nomor lain dari kelompok
yang lain berpendapat, siswa yang dipanggil nomornya mengerjakan di papan tulis
dan menjelaskannya
i.
Siswa mengerjakan latihan soal secara
individu, dan setelah selesai mengerjakan, pekerjaan tersebut didiskusikan pada
kelompoknya untuk diberi saran atau masukan
3. Kegiatan Penutup:
a.
Guru mengarahkan siswa untuk
menyimpulkan hasil kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung.
b.
Siswa wakil salah satu kelompok yang
ditunjuk secara acak mengomunikasikan pengalamannya dalam mengikuti pembelajaran model NHT untuk
memahami materi operasi bentuk aljabar
c.
Guru memberi tugas ke.pada siswa/PR
Pertemuan ke-8 ( 2 jam pelajaran)
a.
Siswa mengerjakan uji kompetensi . (soal
ulangan terlampir)
b.
Siswa dan guru membahas penyelesaian
soal-soal uji kompetensi
I. PENILAIAN
a.
Teknik Penilaian, Pengamatan, tes
tertulis
b.
Prosedur Penilaian:
Penilaian hasil belajar siswa mencakup
penilaian proses dan hasil akhir belajar
Prosedur Penilaian sebagai
berikut
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
Ket
|
1
|
Pemahaman Konsep (tujuan kognitif)
|
Tes tulis melalui kuiz
Tes tulis melalui Uji Kompetensi
|
Pertemuan ke-4 Pertemuan ke-8
|
|
2
|
Dapat dipercaya seperti kejujuran mengerjakan
ulangan dan adil
( tujuan afektif)
|
Pengamatan
|
Pertemuan ke-8
|
|
3
|
Kerjasama, aktif mengajukan ide, aktif
bertanya(ketrampilan sosial)
|
Pengamatan
|
Pertemuan ke-1 s.d ke-7
|
|
4
|
Ketrampilan menghitung(tujuan psikomotor)
|
Tes tulis melalui kuiz
Tes tulis di Uji Kompetensi
|
Pertemuan ke-4 Pertemuan ke-8
|
J. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
Alat
:
·
LKS NHT , Kuiz soal , Latihan soal
Sumber:
·
Buku
Matematika untuk SMP Kelas VII Semester 1, karangan M. Cholik A
·
Buku Matematika Jilid VII, Depdiknas BSE
·
Buku referensi lain
Karanganyar, …………
Kepala Sekolah
Guru Mata Pelajaran
………………….. ………………………...
NIP.
NIP