Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui dan mengidentifikasi kesulitan dan tingkat kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal-soal pemecahan masalah jenis terbuka (open-ended). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas V SD Negeri Kleco II Surakarta tahun ajaran 2006/2007, sedangkan sampelnya adalah Kelas V B SD Negeri Kleco II yang berjumlah 38 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, metode wawancara, dan metode observasi. Tes disini adalah berupa soal-soal pemecahan masalah yang berbentuk terbuka (open ended). Analisis data yang digunakan adalah dengan metode alur dan digunakan analisis data non statistik dengan persentase untuk menghitung tingkat kesulitan siswa. Setelah melakukan analisis dan pembahasan terhadap data yang diperoleh maka didapatkan bahwa masih terdapat kesulitan-kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal-soal pemecahan masalah jenis terbuka. Kesulitan-kesulitan tersebut adalah pada aspek pemahaman, perencanaan strategi, pelaksanaan strategi, dan evaluasi atau pemeriksaan kembali pada jawaban. Kesulitan pada masing-masing aspek tersebut disebabkan oleh faktor-faktor yang antara lain adalah masih rendahnya kemampuan kognitif siswa dan kurang antusiasnya siswa dalam mengerjakan soal pemecahan dengan bentuk terbuka. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah jenis terbuka siswa telah mampu menerapkan langkah-langkah pemecahan masalah, akan tetapi masih terdapat kesulitan.
Kata Kunci : Analisis, Kesulitan Siswa, Pemecahan Masalah, Jenis Terbuka
Tidak ada komentar:
Komentar baru tidak diizinkan.