Daftar Menu


video pembelajaran

Kamis, 09 Juni 2011

IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE QUESTION STUDENT HAVE TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh strategi pembelajaran tehadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh kreativitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan kreatiivtas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas X SMA N 1 Kartasura yang terdiri dari 9 kelas. Sampel yang diambil sebanyak 79 siswa yang terbagi dalam 2 kelas yaitu kelas XI sebanyak 39 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas XG sebanyak 40 siswa sebagai kelas eksperimen dengan teknik pengambilan sampelnya adalah cluster random. Penelitian ini berupa penelitian eskperimentasi dengan metode pengumpulan datanya adalah metode dokumentasi, angket dan tes. Persyaratan uji analisis dilakukan dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data menggunakan analisis variansi (anava) dua jalur. Hasil pengujian hipotesis menggunakan menunjukkan (1) Fhitung = 0.01 < Ftabel = 3,97 sehingga H0 diterima yang berarti tidak terdapat pengaruh strategi pembelajaran tehadap prestasi belajar matematika, (2) F hitung = 4.65 > F tabel= 3,12 sehingga H0 ditolak yang berarti terdapat pengaruh kreativitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) F hitung = 1,11 < F tabel = 3,12 sehingga H0 diterima yang berarti tidak ada interaksi antara strategi pembelajaran dan kreativitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika.

2 komentar:

  1. ass
    pak kebetulan saya sedang mengerjakan tugs akhir saya mengenai strategi question student have, saya bolehminta tolong pak referensinya apa ja saya baru dapet tiga buku dan ituhanya membahas mengenaitata cara pelksnaannya jadi untuk teoriny blm terlu kuat.sya mohon bantunnya pak. terimakasih

    BalasHapus
  2. pak.. saya bisa minta referensi tentng belajar aktif tipe question stutent have??
    kalo bisa tolong kirim ke email saya cawe_chova@yahoo.co.id

    kalo bapak berkenan saya sangat membutuhkan nya pak...

    BalasHapus