Daftar Menu


video pembelajaran

Kamis, 20 November 2008

UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI QUANTUM TEACHING (PTK Pembelajaran Matematika di SMP Muhammadiyah 3 Berwawasan Khusus

ABSTRAK



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa melalui Quantum Teaching. Subyek pelaksanaan tindakan adalah guru Matematika VII SMP Muhammadiyah 3 Berwawasan Khusus Giriwoyo yang berjumlah 38 siswa. Tindakan kelas dilaksanakan dalam tiga putaran dengan metode pengumpulan data adalah metode observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskripsi kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun peningkatannya adalah sebagai berikut: (1) perasaan senang siswa terhadap pembelajaran Matematika meningkat sebesar 31,58% sebelum tindakan menjadi 81,58% pada akhir tindakan; (2) perhatian siswa terhadap pembelajaran Matematika meningkat sebesar 36,84% sebelum tindakan menjadi 78,95% pada akhir tindakan, (3) kemauan siswa terhadap pembelajaran Matematika meningkat sebesar 18,42% sebelum tindakan menjadi 76,31% pada akhir tindakan; (4) konsentrasi siswa terhadap pembelajaran Matematika meningkat sebesar 26,31% sebelum tindakan menjadi 78,95% pada akhir tindakan; (5) kesadaran siswa terhadap pembelajaran Matematika meningkat sebesar 28,95% sebelum tindakan menjadi 76,31% pada akhir tindakan.

Kata kunci : Motivasi, meningkatkan, Quantum-Teaching, Matematika

Tidak ada komentar: