(latihan Keterampilan Terbatas)
I. Identitas Mata Pelajaran
1. Mata Pelajaran : Matematika
2. Pokok Bahasan : Limit Fungsi
3. Sub Pokok Bahasan : Menentukan nilai limit fungsi yang berbentuk dengan metode pemfaktoran
4. Kelas / Semester : XI (program IPS)/ Genap
5. Waktu : 1x 15 Menit
6. Jenis Ketrampilan : Pemahaman
II. Standar Kompetensi
6. Menggunakan konsep limit fungsi dan turunan fungsi dalam pemecahan masalah
III. Kompetensi Dasar
6.2.Menggunakan sifat limit fungsi untuk menghitung bentuk tak tentu fungsi aljabar dan trigonometri
IV. Indikator
Menghitung nilai limit fungsi aljabar di satu titik.
V. Tujuan Pembelajaran Mikro
Setelah dilakukan pembelajaran siswa diharapkan dapat menentukan nilai limit fungsi yang berbentuk dengan metode pemfaktoran
VI. Materi Pelajaran
Menentukan nilai limit fungsi yang berbentuk dengan metode pemfaktoran
VII. Kegiatan Pembelajaran
No.
Indikator Hasil Belajar
Materi Belajar
Kegiatan Pembelajaran
1.
Menghitung nilai limit fungsi aljabar di satu titik
Menentukan nilai limit fungsi yang berbentuk dengan metode pemfaktoran
1. Pendahuluan
· salam pembuka
· guru menanyakan PR dan materi sebelumnya
2. Kegiatan inti
· Guru mengingatkan kembali penentuan nilai limit fungsi aljabar dengan metode subtitusi, misalnya nilai
· Guru menjelaskan tentang materi yang bersangkutan
· Guru memberikan contoh soal misalnya dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya
3. Penutup
· Guru memberikan tugas / PR kepada siswa
· Salam penutup
VIII. Media Pembelajaran
a. Sumber Belajar : 1. Johanes dkk.2006.Kompetensi Matematika program IPS. Jakarta: yudhistira.
b. Alat : 1. White Board
2. Spidol
3. Penghapus
IX. Penilaian
Aspek yang dinilai : Afektif
Jenis Tagihan : a. keaktifan siswa
b. respon dari siswa
c. pemahaman siswa
Bentuk : Uraian( contoh soal dan tugas ada dalam lampiran )
Surakarta, 9 Mei 2008
Dosen Pembimbing/Supervisor,
(-----------------)
Pratikan,
(----------------)
Tidak ada komentar:
Komentar baru tidak diizinkan.