Custom Search

Anda kesulitan Olah data?

Kamis, 22 Mei 2008

Rencana Pembelajaran Mikro (limit fungsi)

(latihan Keterampilan Terbatas)

I. Identitas Mata Pelajaran
1. Mata Pelajaran : Matematika
2. Pokok Bahasan : Limit Fungsi
3. Sub Pokok Bahasan : Menentukan nilai limit fungsi yang berbentuk dengan metode pemfaktoran
4. Kelas / Semester : XI (program IPS)/ Genap
5. Waktu : 1x 15 Menit
6. Jenis Ketrampilan : Pemahaman


II. Standar Kompetensi
6. Menggunakan konsep limit fungsi dan turunan fungsi dalam pemecahan masalah

III. Kompetensi Dasar
6.2.Menggunakan sifat limit fungsi untuk menghitung bentuk tak tentu fungsi aljabar dan trigonometri

IV. Indikator
Menghitung nilai limit fungsi aljabar di satu titik.

V. Tujuan Pembelajaran Mikro
Setelah dilakukan pembelajaran siswa diharapkan dapat menentukan nilai limit fungsi yang berbentuk dengan metode pemfaktoran

VI. Materi Pelajaran
Menentukan nilai limit fungsi yang berbentuk dengan metode pemfaktoran

VII. Kegiatan Pembelajaran
No.
Indikator Hasil Belajar
Materi Belajar
Kegiatan Pembelajaran
1.
Menghitung nilai limit fungsi aljabar di satu titik

Menentukan nilai limit fungsi yang berbentuk dengan metode pemfaktoran

1. Pendahuluan
· salam pembuka
· guru menanyakan PR dan materi sebelumnya
2. Kegiatan inti
· Guru mengingatkan kembali penentuan nilai limit fungsi aljabar dengan metode subtitusi, misalnya nilai
· Guru menjelaskan tentang materi yang bersangkutan
· Guru memberikan contoh soal misalnya dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya
3. Penutup
· Guru memberikan tugas / PR kepada siswa
· Salam penutup

VIII. Media Pembelajaran
a. Sumber Belajar : 1. Johanes dkk.2006.Kompetensi Matematika program IPS. Jakarta: yudhistira.

b. Alat : 1. White Board
2. Spidol
3. Penghapus


IX. Penilaian
Aspek yang dinilai : Afektif
Jenis Tagihan : a. keaktifan siswa
b. respon dari siswa
c. pemahaman siswa
Bentuk : Uraian( contoh soal dan tugas ada dalam lampiran )
Surakarta, 9 Mei 2008

Dosen Pembimbing/Supervisor,


(-----------------)
Pratikan,


(----------------)

Tidak ada komentar: